Apa sih pola makan yang sehat itu?


Anda pasti sering mendengar atau membaca bahwa pola makan yang buruk menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Bahkan kadang saya berpendapat bahwa pola makan yang sehat adalah sumber berbagai macam penyakit dan itu nyata adanya.

Apa sih pola makan yang sehat itu?

Pola makan sebenarnya terdiri dari 2 hal yaitu jadwal makan dan konten atau kandungan makanan. Jadwal makan yang sehat adalah yang teratur, karena tubuh kita memiliki jam biologis maka tubuh mengetahui kapan saat-saat ada makanan masuk ke tubuh. Saat tidak ada makanan masuk ke tubuh beberapa kelenjar tetap memproduksi zat yang biasanya digunakan dalam proses pencernaan.

Contohnya kelenjar liur yang banyak mengandung lipasa akan tetap memproduksi air liur dan karena tidak ada makanan maka air liur meluncur turun ke kerongkongan tanpa makanan. Lipasa ini selama perjalanan bisa mengakibatkan iritasi pada kerongkongan sehingga bisa berujung pada peradangan, pembengkakan atau infeksi.

Demikian pula yag terjadi pada lambung, pelepasan asam lambung berlebih yang tidak disertai keberadaan makanan sangat berbahaya. Apalagi jika sering terjadi karena asam lambung akan mengalir turun ke usus dan merusak dinding usus. Jika ini sering terjadi bisa memicu kerusakan dinding usus dan jika ada bakteri salmonella akan menyebabkan typus.

Mengenai konten tidak kalah penting. Kecukupan gizi antara karbohidrat dan protein serta lemah juga harus berimbang. Terlalu banyak karbohidrat bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan limpa, kebanyakan lemak (ini sangat sering terjadi karena makanan berlemak biasanya gurih dan enak) akan meningkatkan potensi penyakit akibat kolesterol). Selain itu vitamin dan mineral alami juga sangat dibutuhkan karena itu sayuran, buah-buahan dan minuman bermineral patut dikonsumsi secara cukup. Kandungan serat kini juga sudah diketahui fungsi vitalnya sehingga asupan yang cukup diperlukan.

Memang penyakit lebih sering muncul bukan karena satu sebab. Misalnya gangguan pola makan disertai stress atau yang lain. Namun dipercaya secara medis bahwa pola makan yang sehat dalam arti makan teratur dengan kandungan yang cukup justru akan meningkatkan ketahanan terhadap stress sehingga tubuh lebih bugar luar dalam. Sebaliknya mengurangi makan walaupun secara teratur justru akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti pasien anoreksia.

Jadi jangan lupa, jaga pola makan anda demi kesehatan anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s